MENGERIKANNYA PERILAKU ANAK YANG DIBIASAKAN MANJA OLEH ORANG TUANYA


Jika kita memanjakan anak-anak kita, kita akan tahu akibatnya itu.

1.  Mereka akan berprilaku kasar kepada kita dan orang dewasa lainnya.
2.  Mereka tidak akan memiliki rasa berbagi dengan anak-anak lain.
3.  Mereka akan bertindak bossy (merasa seperti seorang bos) dan akan selalu menuntut untuk menjadi yang pertama dalam sebuah antrean.
4.  Mereka tidak menjawab pertanyaan kita dan cenderung mengabaikan instruksi atau perintah kita.
5.  Jika kita menolak mereka meminta mainan baru atau kita memberikan obat kepada mereka, maka kita akan menghadapi badai tangisan mereka, berteriak-teriak, dan memukul-mukul lantai atau merengek-rengek di lantai.
Apakah merasakan suatu keresahan akan hal itu? Saat ini, banyak orang tua yang mengalaminya.  Akan tetapi hal tersebut belum terlambat untuk mengekang perilaku manja tersebut, menurut psikolog anak di WebMD. Bahkan mereka mengatakan, kebahagiaan tertinggi anak kita tergantung pada orang tuanya.
Richard Bromfield, PhD, seorang psikolog di Harvard Medical School dan penulis How to Unspoil Your Child Fast mengatakan "Saya pikir sebagian besar orang tua tahu kapan anak-anak mereka manja, tetapi mereka merasa agak tak berdaya untuk melakukan sesuatu tentang hal itu,"
Selama lebih dari 25 tahun dalam praktek konseling pribadi di daerah Boston, Bromfield telah melihat beberapa tingkatan kemanjaan seorang anak seperti seorang anak muda yang memerintahkan ibunya dan memarahinya dengan kasar ketika ibunya memberikan yoghurt dan anaknya ingin pretzel.  Kemudian seorang gadis berusia 8 tahun yang menangis dan menjerit ketika ibu dan ayahnya pergi untuk makan malam atau film tanpa dia, hal tersebut membuat panik seorang babysitter sehingga bergegas menghubungi orang tuanya untuk segera pulang. Atau anak-anak yang lancang kepada orang tua mereka karena menolak keinginan anaknya dengan mengatakan : "Anda bau." "Kau seorang ibu yang mengerikan" "Aku benci kamu.".

Ketika anak-anak manja menjadi remaja, mereka lebih rentan berprilaku berlebihan  dalam proses perkembangan dirinya, kurangnya pengendalian diri, kecemasan, dan depresi, kata Dan Kindlon, PhD, penulis Too Much of a Good Thing: Raising Children of Character in an Indulgent Age.

Referensi

G+

Tag : artikel umum
0 Komentar untuk "MENGERIKANNYA PERILAKU ANAK YANG DIBIASAKAN MANJA OLEH ORANG TUANYA"

Back To Top